SEJARAH TERBENTUKNYA KRISTEN PROTESTAN

Reformasi Protestan

 
 

Reformasi Protestan adalah gerakan reformasi umat Kristiani Eropa yang menjadikan Protestantisme sebuah cabang tersendiri dalam Agama Kristen di masa itu. Gerakan ini bermula pada 1517 tatkala Martin Luther mempublikasikanSembilan Puluh Lima Tesis, dan berakhir pada 1648 dengan Perjanjian Westphalia yang meredakan Perang agama di Eropa.[1]

 
 

Martin Luther

Martin Luther (lahir di Eisleben, Kekaisaran Romawi Suci, 10 November 1483 – meninggal di Eisleben, Kekaisaran Romawi Suci, 18 Februari 1546 pada umur 62 tahun) adalah seorang pastur Jerman dan ahli teologi Kristen dan pendiri Gereja Lutheran, gereja Protestan, pecahan dari Katolik Roma. Dia merupakan tokoh terkemuka bagi Reformasi. Ajaran-ajarannya tidak hanya mengilhami gerakan Reformasi, namun juga memengaruhi doktrin, dan budaya Lutheran serta tradisi Protestan. Seruan Luther kepada Gereja agar kembali kepada ajaran-ajaran Alkitab telah melahirkan tradisi baru dalam agama Kristen. Gerakan pembaruannya mengakibatkan perubahan radikal juga di lingkungan Gereja Katolik Roma dalam bentuk Reformasi Katolik. Sumbangan-sumbangan Luther terhadap peradaban Barat jauh melampaui kehidupan Gereja Kristen. Terjemahan Alkitabnya telah ikut mengembangkan versi standar bahasa Jerman dan menambahkan sejumlah prinsip dalam seni penerjemahan. Nyanyian rohani yang diciptakannya mengilhami perkembangan nyanyian jemaat dalam Gereja Kristen. Pernikahannya pada 13 Juni 1525 dengan Katharina von Bora menimbulkan gerakan pernikahan pendeta di kalangan banyak tradisi Kristen.

3 thoughts on “SEJARAH TERBENTUKNYA KRISTEN PROTESTAN

  1. Agama kristen protestan menurut sejarah spt tsb di atas kurang lebihnya. Maka dr itu sekte kristen ini menamai diri kristen protestan, akronim dr Protes+Stan, jadi kristen protestan adalah sekte arena protes pd katholik. Saya pernah baca dr sebuah buku karangan orang kristen juga dan saya lupa mencatat nama dan penulis buku tsb. Di dalam buku tsb mengulas hal yang disembunyikan sekte kristen protestan tsb. Salahsatunya yaitu bahwa kristen protestan menyembunyikan arti akronim protestan,selain akronim protes+stan,ada juga akronim lain yaitu Protesse+stan. Akronim kedua memiliki arti/maksud bahwa tokoh agamanya (dulu pastor) menjalani operasi kelamin yg bukan secara medis,tapi secara keimanan/keyakinan. Jadi sambung kelamin yg dulu oleh kristen katholik dibikin melengkung,sekarang tdk melengkung lagi,jadi boleh punya bini sebagai bidadari dunia,hadiah dr tuhan yesus,sebelum tokoh kristen protestan tsb mati dan masuk sorga yg tentu akan dpt bidadari akhirat. Tokoh agama kristen katolik (pastor,uskup dst) dianggap bodoh menolak hadiah bidadari alam dunia,hanya memilih bidadari akhirat alias memilih hidup selibat sampai melengkung sendiri krn usia tua. Sebenarnya masih ada beberapa rahasia sekte protestan yg disembunyikan pd umat kristes protestan khususnya dan umat agama lain pd umumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s