“KEBAIKAN”

                Selamat pagi,siang Pak James selaku guru Agama Kristen dan Saudara-saudara sekalian yang yang dikasihi Kristus. Pada saat ini saya akan menyampaikan sebuah Firman Tuhan. Firman tersebut berbunyi tentang KEBAIKAN. “Hai manusia, telah diberi tahukan kepadamu apa yang baik dan apakah yang dituntut Tuhan daripadamu : selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?” Mikha adalah Nabi Tuhan yang pada zaman itu kehidupan umat Israel sudah berpaling dari Tuhan.

Buka alkitab pada Mikha 6 : 8. Pada ayat 8a berisikan bahwa Tuhan telah memberitahukan apa yang baik kepada bangsa Israel. Tapi bangsa tersebut mengabaikan Firman Allah, hokum Allah. Meskipun mereka memberikan korban persembahan di hadapan Allah tetapi tetap saja itu semua tidak berkenan dihadapan Tuhan.

            Pada saat ini banyak manusia yang dilahirkan untuk memuji, memuliakan, beribadah, dan berkorban bagi Tuhan tapi itu semua tidak sesui dengan kehendak Tuhan. Semua itu tertulis dalam injil yang banyak memberitakan janji-janji Allas serta pengharapan yang Tuhan akan berikan kepada umat yang senantiasa memberikan dan melakukan yang terbaik dihadapan Tuhan.

                Pada ayat 8b Allah berfirman melalui Nabi Mikha bahwa ada 3 hal yang dituntut Tuhan dalam kehidupan umat Israel saat itu, yaitu berlaku adil, mencintai kesetiaan dan hidup dengan rendah hati dihadapan Allah.

1)      Berlaku Adil

Tuhan adalah adil dan Ia mengasihi keadilan Mazmur 11:7, Ia mencintai keadilan dan membenci kefasikan Ibrani 1:9. Ia adalah hakim yang adil. Oleh sebab itu, Allah menuntut ganjaran atas pelanggaran-pelanggaran penghukum atas dosa. Allah menuntut kita untuk berlaku adil.

2)      Mencintai Kesetiaan.

1 Tesalonika 5 : 24 “Ia yang memanggil kamu adalah setia, Ia juga akan menanggapinya”. Allah adalah Allah yang setia, Ia akan setia terhadap janji-janji-Nya. Oleh sebab itu Ia menuntut kita untuk setia. Tuhan mengajarkan kita sebagai umat-Nya untuk setia. Kesetiaan disini berarti setia dalam beribadah, setia dalam menjalankan perintah-Nya, setia dalam beribadah. Maka dari itu hal ini mengajari kita tentang kesetiaan mengiringi Tuhan.

3)      Hidup dengan rendah hati di hadapan Tuhan.

Allah mau merendahkan diri sebagai manusia, bahkan Ia dating kedunia bukan untuk dilayani, melaikan untuk melayani kita orang berdosa. Apakah yang dapat kita banggakan? Tidak ada yang dapat kita banggakan. Semua manusia adalah sama dihadapan Tuhan. Tuhan ingin umat-Nya hidup dalam kerendahan hati.

 

Tiga hal inilah yang menjadi kehendak Tuhan dalam kehidupan kita, untuk kita berlaku adil, mencintai kesetiaan dan hidup dalam kerendahaan hati dihadapan Tuhan. Jikalau kita melakukan kehendak Allah dengan setia, maka Ia Allah yang setia dan adil yang akan selalu menepati janji-Nya.

Zefanya 2:3 “Carilah Tuhan, hai semua orang yang rendah hati dari negeri, yang melakukan hukum-Nya ; carilah keadilan ; carilah kerendahan hati ; mungkin kamu akan terlindung pada hari kemurkaan Tuhan ”. Amin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s